SMP Kristen Ensa

GTK dan Tenaga Administrasi

Foto Bersama Bersama Kepala Sekolah Bpk. Alex B. Mena, S.Pd, M.Pd dan Dewan Guru serta Tenaga Administrasi

PESERTA DIDIK KELAS 9

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Bpk. L. Kaluti

Peserta Didik Kelas 8 Flamboyan

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Almeida Tumani, S.Th

Peserta Didik Kelas 8 Teratai

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Feybe Ndawu, S.Th

Peserta Didik Kelas 7 Asoka

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Dra. Suyatni Ponsedo

Peserta Didik Kelas 7 Bogenfil

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Selfian Gogali, S.Pd

Thursday, September 28, 2017

Cara Mendaftar di Website Kesharlindung Dikdas Kemdikbud

KESHARLINDUNGDIKMEN adalah singkatan dari Kesejahteraan, Penghargaan dan Perlindungan Guru Pendidikan Menengah yang merupakan program Direktorat Pembinaan Guru Dikdas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud dalam Memberikan Apresiasi, Penghargaan, dan Perlindungan bagi guru Dikdas.
Guru sebagai tenaga profesional berperan penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang bertanggung jawab.
Dari portal tersebut teman-teman guru SD dan SMP bisa memantau kegiatan seperti Bimbingan Teknis, Seminar, atau pun Lomba tingkat Nasional.

Jika teman- teman guru belum terdaftar, berikut saya paparkan cara mendaftar pada laman kesharlindung dikmen:
1. Silahkan klik laman KESHARLINDUNG DIKDAS
2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini

3. Pilih Daftar. Setelah itu akan muncul tampilan,


Perhatikan bahwa semua data harus terisi dengan benar. Email yang didaftarkan haruslah email aktif.

4. Setelah data terisi dengan benar klik "Daftar" dibagian bawah Form Pendaftaran Peserta.
5. Buka email yang didaftarkan dan klik link aktivasi yang dikirimkan kesharlindung dikmen
6. Setelah aktivasi, silahkan login menggunakan username dan password yang telah didaftarkan.


Semoga panduan ini bisa bermanfaat.

Monday, August 7, 2017

Info Diklat Tenaga Perpustakaan Tahun 2017


Diklat Kepustakawanan Dibiayai APBN P 2017
Dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM bidang perpustakaan, Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI akan mengadakan Diklat Kepustakawanan.

Adapun jenis diklat yang akan diselenggarakan adalah :
1. Diklat Manajemen Perpustakaan;
    Tanggal: 21-08-2017 sampai 30-08-2017 Jumlah Jam: 70 Jumlah Hari: 10 Tempat Diklat: Jakarta
    Biaya: APBN Status: Dibuka
2. Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah;
    Tanggal: 21-08-2017 sampai 01-09-2017 Jumlah Jam: 120 Jumlah Hari: 13 Tempat Diklat: Jakarta
    Biaya: APBN Status: Dibuka
3. Diklat Teknis Pengelolaan Perpustakaan.
    Tanggal: 17-07-2017 sampai 26-07-2017 Jumlah Jam: 70 Jumlah Hari: 10 Tempat Diklat: Jakarta
    Biaya: APBN Status: Dibuka

Penyelenggaraan Diklkat tersebut dibiayai oleh APBN P Perpustakaan Nasional RI Tahun 2017.
Untuk mengikuti diklat ini, peserta dapat melakukan pendaftaran melalui alamat email pengajaran.perpusnas@gmail.com.
Adapun persyaratan yang harus dipenuhi silakan klik link berikut : 
1. http://pusdiklat.perpusnas.go.id/diklat/44 (Diklat Manajemen Perpustakaan);
2. http://pusdiklat.perpusnas.go.id/diklat/40 (Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah),
3. http://pusdiklat.perpusnas.go.id/diklat/38 (Diklat Manajemen Perpustakaan).

Wednesday, August 2, 2017

Info Diklat Penulisan Buku Bagi Guru IPA SD, SMP, dan SMA/SMK


Dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis (writing literacy) para guru dan mendukung Gerakan Nasional Literasi, PPPPTK IPA akan menyelenggarakan kegiatan Diklat Penulisan Buku Tahun 2017.
Kegiatan ini akan dilaksanakan di PPPPTK IPA, Jl. Diponegoro No. 12, Bandung pada:
Gelombang I     : akhir bulan Agustus 2017
Gelombang II    : bulan Oktober 2017
Kriteria peserta kegiatan ini adalah:
  1. Guru SD, guru IPA SMP, dan guru Fisika/Kimia/Biologi SMA
  2. Memiliki naskah karya tulis yang belum pernah diterbitkan
Naskah yang dibuat memiliki kriteria sebagai berikut:
  1. Bertemakan IPA/sains (pembelajaran, pendidikan, dll) atau teknologi 
  2. Ditulis pada kertas berukuran A4, dengan jarak spasi 1,5 
  3. Jumlah halaman minimal 80 halaman, maksimal 200 halaman
Kepada Bapak/Ibu yang berminat mengikuti pelatihan ini, segera kirimkan softcopy naskah Bapak/Ibu ke program.p4tkipa@gmail.com paling lambat dikirimkan tanggal 15 Agustus 2017 (untuk pelatihan Gelombang I) dan tanggal 15 September 2017 (untuk pelatihan Gelombang II).
Jika ada pertanyaan seputar diklat ini, dapat ditujukan ke program.p4tkipa@gmail.com.

Untuk informasi lebih jelas klik Website P4TK IPA

Wednesday, July 5, 2017

Kemendikbud Mengadakan Seleksi Penerimaan Calon Guru dan Tenaga Kependidikan Non PNS SILN 2017

Dalam rangka mempersiapkan calon pengganti Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia Luar Negeri yang akan berakhir masa tugasnya, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI membuka kesempatan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Non PNS untuk menjadi tenaga pengajar di beberapa Sekolah Indonesia Luar Negeri yang memenuhi syarat dan memiliki minat untuk diangkat menjadi guru dan Tenaga Kependidikan dengan perjanjian kerja selama 2 (dua) tahun dan dapat diperpanjang sesuai peraturan yang berlaku.

A. Persyaratan Umum.
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia maksimal 40 tahun per tanggal 1 Januari 2017
  3. Sehat jasmani, rohani dan bebas Narkoba
  4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak  dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  6. Tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi pemerintah
  7. Mampu mengajar mutltisubject
B. Persyaratan Khusus
  1. Berijazah minimal S-1 sesuai dengan jurusan yang dibutuhkan dengan minimal IPK 2,75
  2. Memiliki Sertifikat Profesi Pendidik
  3. Memiliki hasil Uji Kompetensi Guru
  4. Memiliki NUPTK
  5. Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 (lima) tahun pada bidang yang diampu
  6. Khusus pelamar Tata Usaha, memiliki pengalaman bekerja minimal 5 (lima) tahun pada bidang tata usaha/administrasi perkantoran serta memahami pengelolaan keuangan dan aplikasi dapodik
  7. TOEFL minimal 450 atau IELTS 5,0. Khusus calon guru Sekolah Indonesia Riyadh dan Cairo diutamakan yang memiliki kemampuan bahasa tambahan yaitu bahasa Arab
  8. Diuatamakan memiliki sertifikat/penghargaan tingkat nasional sebagai keterampilan tambahan selain mengajar seperti : Olahraga, Pramuka, Seni Budaya, Keagamaan, Prakarya, Teknologi Informasi Komunikasi (ICT), Akuntansi/Keuangan dll
Adapun mata pelajaran atau yang diterima yaitu:
  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Ilmu Pengetahuan Alam
  4. Ilmu Pengetahuan Sosial
  5. Guru Kelas
  6. Seni Budaya
  7. Matematika
  8. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
  9. Taman Kanak-Kanak (PAUD)
  10. Pendidikan Agama Islam
  11. Tenaga Kependidikan
Untuk informasi Tata Cara Pendaftaran dan Info selanjutnya, silahkan di download 

Saturday, July 1, 2017

Penerimaan Pegawai PLN Lulusan SMA/SMK Tahun 2017

Kesempatan terbuka bagi para lulusan SMA/SMK untuk mengabdi menjadi pegawai PLN tahun 2017.
Lowonngan Minat profesi abtara lain:
  1. Minat Profesi Pemeliharaan Distribusi
  2. Minat Profesi Pemeliharaan Pembangkitan
  3. Minat Profesi Pemeliharaan Transmisi dan Gardu Induk
Adapun persyaratan dan kualifikasi pendidikan yaitu:
  1. Nilai SKHUN SMA minimal 6.5, SMK Kelistrikan minimal 6.5
  2. Program studi yang diterima SMA Program IPA dan SMK Program Kelistrikan
Pendaftaran ditutup tanggal 14 Juli 2017.
Lokasi perekrutan : Palembang, Kupang dan Surabaya.
Untuk informasi lebih lengkap dan cara melamar minat profesi silahkan kunjungi website reami PLN.