Bermasalah Dengan Plak Gigi? Coba Cara Ini ~ SMP Kristen Ensa

Tuesday, January 31, 2017

Bermasalah Dengan Plak Gigi? Coba Cara Ini


Tahukah Anda, ada laporan dari penelitian terakhir bahwa air rebusan daun sirih dapat membantu Anda menghilangkan plak? Sama efeknya pada kumur dengan mouthwash, namun bedanya air rebusan sirih bisa sangat murah dan mudah didapat.

Semakin terjaga kebersihan rongga mulut, semakin sehat rongga mulut. Rongga mulut dan gigi yang sehat senantiasa bersih dari plak. Plak sendiri munculnya dari sisa makanan yang tidak dibersihkan.

Dan plak adalah penyebab timbulnya radang pada gusi (gingivitis) dan jaringan pendukung gigi lainnya. Jika dibiarkan lebih lanjut, akan menyebabkan gigi berlubang.
Lalu bagaimana daun sirih dapat membantu mencegah dan mengurangi pembentukan plak?

Pembersihan plak dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu mekanis dan khemis. Cara mekanis merupakan cara yang sangat efektif dalam membersihkan plak dan mencegah terjadinya keradangan. Tetapi minimnya tingkat pengetahuan masyarakat dalam menyikat gigi yang baik dan benar membuat pembersihan mekanis tidak maksimal, sehingga diperlukan juga pembersihan dengan cara khemis. Maka sebaiknya pembersihan plak dalam rongga mulut dilakukan dengan kombinasi antara menyikat gigi dan berkumur.

Bagaimana obat kumur dapat membantu membersihkan plak?
Terkadang membersihkan gigi dari plak dengan menyikat gigi tidaklah cukup. Itulah mengapa diciptakan produk mouthwash. Dimana mouthwash dapat membantu kebersihan rongga mulut secara optimal dengan cara berkumur. 
Penggunaan obat kumur dapat menghambat pembentukan plak dengan mencegah perlekatan bakteri dan menghambat pertumbuhannya sekaligus.
Nah, jika Anda akrab dengan produk mouthwash yang banyak di pasaran, kini sudah saatnya Anda mengenal mouthwash ala  alami dengan air rebusan sirih.

Bagaimana cara rebusan daun sirih menghilangkan plak?
Berbagai obat kumur buatan pabrik dapat ditemukan dengan mudah di pasaran, dan obat kumur buatan pabrik tersebut  mempunyai fungsi, indikasi dan efek samping masing-masing. Obat kumur alternatif yang mempunyai khasiat yang baik terhadap plak gigi  adalah air rebusan daun sirih. Berdasarkan hasil penelitian bahwa air rebusan daun sirih ini terbukti menurunkan skor plak dalam rongga mulut. Daun sirih yang dapat dengan mudah ditemukan dan murah diharapkan dapat menjadi solusi kesehatan gigi dan mulut masyarakat, dan diperlukan juga penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

0 comments:

Post a Comment