SMP Kristen Ensa

GTK dan Tenaga Administrasi

Foto Bersama Bersama Kepala Sekolah Bpk. Alex B. Mena, S.Pd, M.Pd dan Dewan Guru serta Tenaga Administrasi

PESERTA DIDIK KELAS 9

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Bpk. L. Kaluti

Peserta Didik Kelas 8 Flamboyan

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Almeida Tumani, S.Th

Peserta Didik Kelas 8 Teratai

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Feybe Ndawu, S.Th

Peserta Didik Kelas 7 Asoka

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Dra. Suyatni Ponsedo

Peserta Didik Kelas 7 Bogenfil

Foto Bersama Peserta Didik dan Wali Kelas Ibu Selfian Gogali, S.Pd

Tuesday, April 4, 2023

Info Penerima Beasiswa PIP Tahun 2023

Diinfokan  Kepada siswa yang namanya terlampir berikut ini agar segera mengumpulkan persyaratan-persyaratan penerima Beasiswa PIP. Berkas mulai dikumpulkan di sekolah mulai tanggal 5 - 6 April 2023 di sekolah. Adapun persyaratan penerima Beasiswa PIP adalah sebagai berikut :

  1. Surat Keterangan Sekolah (Sekolah Yang Siapkan) 
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy KTP Orang Tua
  4. Buku Rekening PIP / Simpel (Bagi Yang Sudah Memiliki)

Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. SK Nominasi Penerima PIP Tahun 2023 dan data penerima PIP dapat diunduh melalui laman web aplikasi SIPINTAR (pip.kemdikbud.go.id) oleh Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kantor Cabang Dinas dan Satuan Pendidikan.
  2. Peserta didik yang tercantum dalam lampiran SK Nominasi Penerima PIP Tahun 2023 merupakan peserta didik Kelas Akhir pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang merupakan hasil pemadanan antara peserta didik pada Dapodik dengan DTKS dan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPPKE).
  3. Proses pembuatan rekening atas nama masing-masing peserta didik dilakukan oleh bank penyalur secara kolektif (massal) akan selesai paling lambat tanggal 31 Maret 2023.
  4. Proses aktivasi rekening dapat dilaksanakan mulai tanggal 1 April 2023 sampai dengan  30 Juni 2023.
  5. Peserta didik yang tercantum dalam lampiran SK Nominasi wajib melakukan aktivasi rekening pada masa aktitvasi yang telah ditentukan pada butir 4 di atas dengan mematuhi protokol kesehatan.
  6. Aktivasi rekening SimPel dilakukan secara langsung oleh Peserta didik/orangtua/wali penerima PIP, atau dapat dilakukan secara kuasa oleh penerima kuasa yaitu kepala satuan pendidikan yang bersangkutan di bank penyalur. Ketentuan/tatacara aktivasi rekening tercantum pada Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 14 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan PIP.
  7. Peserta didik yang telah melakukan aktivasi rekening pada masa aktivasi sebagaimana tersebut pada butir 4 di atas, maka selanjutnya dapat ditetapkan sebagai Penerima PIP yang tercantum dalam SK Pemberian PIP. Dana PIP akan disalurkan kepada peserta didik yang ditetapkan sebagai penerima PIP dalam SK Pemberian PIP.
  8. Peserta didik yang tidak melakukan aktivasi rekening sampai batas waktu yang telah ditentukan pada butir 4 di atas akan dibatalkan sebagai penerima PIP.
  9. Bank penyalur PIP untuk SMA, SMK, SMALB adalah Bank Negara Indonesia (BNI) dan  untuk SD, SMP, SDLB, SMPLB, Paket A dan Paket B adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI).
  10. Satuan Pendidikan agar berkoordinasi lebih awal dengan bank penyalur terdekat untuk kelancaran proses aktivasi rekening.

Daftar nama peserta didik penerima Beasiswa PIP Tahun 2023

  1. Alini Gloria Sologi
  2. Esra Taolia
  3. Murni
  4. Jasen Lumanga
  5. Serlin Tetik
  6. Delvano Tuba
  7. Ivan Menantu
  8. Gadi Vannesya Geovanie
  9. Yeza Bulage
  10. Aldrianus Lande
  11. Felicya Ala
  12. Erwin Sangkalia
  13. Rehan Dangari
  14. Charly Tolage
  15. Velisya Dangari
  16. Javier Mena
  17. Paulus Buana Sumbung
  18. Natasa Claudia Bulage
  19. Eka Tinata Moria Gimbali
  20. Mikhael Julian
  21. Amel Kathryn Kaiya
  22. Wulansari Menantu
  23. Albert Justicya Sanae
  24. Meifine Gladys Turang
  25. Martinus Arianto Landopu
  26. Friendly Yuda Lampome

Demikian disampaikan untuk diketahui  orang tua siswa.


Monday, January 9, 2023

Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka




Apa kabar sahabat Sprinsa. Sudahkah sekolah kalian menerapkan kurikulum merdeka? Sudahkah mulai menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila? Nah untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Ada empat modul dengan berbagai tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk jenjang SMP. Keempat modul tersebut adalah Inovasi Panganan Indonesia untuk tema kewirausahaan, Airku Bersih Airku Sehat untuk tema berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI, Berbeda Itu Menyenangkan untuk tema Bineka Tunggal Ika, dan Tradisi yang Ditinggalkan untuk tema kearifan lokal.

Pada tema kewirausahaan, topik yang diusung adalah inovasi panganan Indonesia. Di sini, peserta didik dapat mengerjakan projek yang menantang mereka untuk mengeksplorasi dan berinovasi dalam mengolah bahan baku umbi-umbian sehingga bisa lebih menarik dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Selanjutnya di tema rekayasa dan teknologi, topik pembelajarannya adalah tentang kebersihan air. Kegiatan dalam projek ini diharapkan dapat memotivasi peserta didik untuk bernalar kritis dan berpikir kreatif dengan melakukan pengamatan kondisi air di lingkungan sekitar, studi literatur, serta membuat rancangan alat dan komposisi bahan dalam proses pembuatan alat.

Pada modul dengan tema Bineka Tunggal Ika, topik yang akan dipelajari ialah belajar menghargai perbedaan. Topik ini dipilih dengan tujuan agar dapat menumbuhkan semangat toleransi warga sekolah terhadap keberagaman suku dan budaya yang ada. Melalui projek ini, peserta didik diajak melakukan berbagai aktivitas mulai tahap mengamati, mendefinisikan, menggagas, memilih, hingga melakukan refleksi terhadap keberagaman di Indonesia.

Terakhir, tema kearifan lokal mengangkat topik tradisi-tradisi di Indonesia yang perlahan mulai pudar. Gen Z yang saat ini hidup di era digital tentunya secara tidak sadar mulai meninggalkan tradisi dan budaya Indonesia. Untuk itu, pendidik perlu memikirkan suatu kegiatan yang dapat terus memelihara nilai-nilai tradisi luhur ini, agar dapat terus dipertahankan dan dilestarikan.

Nah, Sobat Sprinsa, modul-modul tersebut tentu dapat membantu pendidik untuk bisa merancang kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi peserta didik. Modul-modul ini dapat diunduh secara gratis di link Modul Lengkap P5 Kurikulum Merdeka

Selamat menerapkan ...

Friday, November 4, 2022

Modul Literasi dan Numerasi SMP

Modul Literasi dan Numerasi Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Untuk Mendownloadnya Silahkan Klik Pada Gambar














Tuesday, May 17, 2022

Persiapan OSN Kabupaten Tahun 2022, SMP Kristen Ensa Laksanakan Seleksi Tingkat Sekolah

 


Sprinsa_News. Dalam rangka mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten Morowali Utara Tahun 2022, maka pada hari Selasa, 17 Mei 2022 dilaksanakan seleksi awal di tingkat sekolah untuk masing-masing bidang lomba Matematika, IPA dan IPS.

Alex B. Mena, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Sekolah di SMP Kristen Ensa menyampaikan bahwa "Seleksi awal ini bertujuan untuk menjaring lebih banyak potensi peserta didik dan memberikan pengalaman berharga kepada siswa dalam berkompetisi yang sehat mulai dari tingkat sekolah".

Seleksi ini juga dilaksanakan secara Online dalam mengusung platform digitalisasi sekolah sebagai progam unggulan SMP Kristen GKST Ensa.

Sejak dibuka pendaftaran tingkat sekolah, ada sebanyak 12 peserta didik yang mendaftar untuk mengikuti seleksi tersebut.

Nama-nama peserta tersebut adalah :

  1. Jeane Marampa
  2. Kanaya Aurera
  3. Alini Gloria Sologi
  4. Wulan Sari Menantu
  5. Joyvan Zoar Solideo Lawento
  6. Paulus Buana Sumbung
  7. Putri Palunsu
  8. Sahrul Karif
  9. Revand Tampake
  10. Calvin Landusa
  11. Firgie Putri Pengambu
  12. Karninda Palunsu
Dalam kegiatan seleksi tersebut, didampingi oleh 3 orang guru yakni Andini S.N. Torambu, S.Pd., Agustin Sabe, S.Pd., dan Vivin Montjai, S.Pd.

Dari setiap Mata Pelajaran, akan dipilih sebanyak 3 orang per bidang studi OSN (Matematika, IPA, IPS) untuk menjadi wakil SMP Kristen GKST Ensa di tingkat Kabupaten Morowali Utara

Thursday, August 5, 2021

Bantuan Paket Kuota Data Internet Tahun 2021 Periode September-November 2021




Bantuan kuota data internet dilanjutkan! 😊

#SahabatSprinsa, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kemendikbudristek, dan Kementerian Agama RI  meresmikan lanjutan Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2021 (4/8/2021). Bantuan kuota data internet bagi siswa, mahasiswa, guru, dan dosen akan disalurkan pada September, Oktober, dan November 2021.

Tetap waspada terhadap hoaks, ya, #SahabatSprinsa! Informasi resmi mengenai bantuan kuota data internet dapat diperoleh dengan mengunjungi laman kuota-belajar.kemdikbud.go.id. 😊

Khusus bagi Siswa SMP Kristen GKST Ensa silahkan klik "PENDATAAN" untuk mendaftarkan nomor HP.

Untuk Buku Panduan dapat di download pada ulink berikut "BUKU SAKU BANTUAN KUOTA"


#MerdekaBelajar 

#BantuanKuota2021 

#BantuanUKT2021 

#SerentakBergerak





Monday, June 21, 2021

Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022


Selamat Datang Calon Peserta Didik baru di SMP Kristen GKST Ensa.

SMP kristen GKST Ensa Tahun Pelajaran 2021/2022 menerima peserta didik baru dengan mekanisme pendaftaran secara offline dan online sebagai berikut :

  1. Pendaftaran Offline (Tatap Muka) mulai tanggal 7 Juni - 19 Juni 2021
  2. Pendaftaran Online mulai tanggal 21 Juni - 9 Juli 2021
  3. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) akan dilaksanakan tanggal 12 - 14 Juli 2021
Persyaratan Pendaftaran :

  1. Formulir Pendaftaran (Bisa Secara Online)
  2. Surat Keterangan Lulus (Fotocopy)
  3. Akte Kelahiran (Fotocopy)
  4. Kartu Keluarga (Fotocopy)
  5. Pas Foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar
  6. Kartu KIP / PKH (bagi yang memiliki)
Jika pendaftaran secara offline (tatap muka), persyaratan pendaftaran dapat diantar langsung ke sekolah. Bagi calon peserta didik yang melakukan pendaftaran secara online, berkas pendaftaran dapat dilengkapi mulai tanggal 12 Juli 2021. Setiap calon peserta didik baik yang telah mendaftar langsung ke sekolah wajib mengisi formulir registrasi secara online pada link berikut ini : 


Salam Hangat
Dewan Guru dan Tenaga Kependidikan

Tuesday, September 29, 2020

Penjelasan Penggunan Kuota Internet dari Kemendikbud

Insan pendidikan sepatutnya berterima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia dibawah kepemimpinan Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim yang telah meluncurkan bantuan kuota internet bagi pendidik dan peserta didik jenjang PAUD hingga perguruan tinggi. Bantuan Kuota internet ini sendiri akan berlaku selama 4 bulan mulai September sampai Desember 2020 dengan rincian sebagai berikut :

  1. Peserta didik jenjang PAUD mendapatkan 20 Gb per bulan
  2. Peserta didik jenjang SD, SMP, SMA/SMK mendapatkan 35 GB per bulan
  3. Pendidik jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK mendapatkan 42 Gb per bulan
  4. Dosen dan Mahasiswa mendapatkan 50 Gb per bulan
Adapun rincian setiap kuota internet yang di peroleh adalah :

  1. Kuota Umum: Kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi sebesar 5 Gb
  2. Kuota Belajar: Kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran sebesar sisa kuota umum.
Kuota Umum sebesar 5 Gb dapat digunakan oleh Peserta didik dan Pendidik tanpa batasan aplikasi dengan artian bahwa kuota 5 Gb dapat digunakan bebas untuk mengakses laman dan aplikasi manapun, sedangkan untuk Kuota Belajar hanya bisa digunakan pada aplikasi yang telah ditentukan oleh Kemendikbud dan ini wajib digunakan sebagai sumber belajar dan mengunduh sumber-sumber belajar siswa.

Daftar laman dan aplikasi pembelajaran yang dapat diakses menggunakan kuota belajar:
1. Aplikasi

2. Video Conference

3. Website

Besar harapan Mas Menteri bahwa kuota internet ini benar-benar digunakan oleh siswa untuk mengakses sumber belajar yang telah disediakan.

Tuesday, June 23, 2020

Info Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Kristen GKST Ensa Tahun 2020


Halo adik-adik calon Peserta Didik Baru. Ayo bergabung dengan SMP Kristen GKST Ensa. Saat ini Pendaftaran Peserta Didik Baru telah dibuka mulai tanggal 23 Juni - 11 Juli 2020.

Persyaratannya gampang kok. Yuk simak persyaratannya.
  1. Surat Keterangan Lulus
  2. Fotocopy Akte Kelahiran
  3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. Fotocopy Kartu KIP/KPS/PKH (bagi yang memiliki)
  5. Pas Foto 3 x 4 (Seragam Putih Biru). Jika belum ada. Bisa menyusul.
Pendaftaran dibuka dengan dua cara.
  1. Sekretariat PPDB dibuka mulai pukul 08.30 - 09.30 mulai tanggal 23 Juni - 29 Juni. Pendaftaran Peserta Didik Baru tetap dibuka sampai tanggal 11 Juli 2020.
  2. Pendaftaran Online melalui link PPDB 2020 sampai tanggal 11 Juli 2020.
Kami tunggu ya....!!
Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi Panitia PPDB :

1. M Lampome, S.E. (082151013958) Ketua
2. K Lumira (082271513045)


Friday, June 5, 2020

Pengumuman Kelulusan Kelas 9 SMP Kristen GKST Ensa Tahun Pelajaran 2019/2020


Tidak terasa tahun pelajaran 2019/2020 bagi Peserta Didik Kelas 9 telah berakhir hari ini, Jumat 5 Juni 2020 bersamaan dengan diumumkannya nama-nama siswa yang Lulus dan Belum Lulus. Prosesi Pelepasan Lulusan tahun ini tidak dapat dilaksanakan sebagaimana tahun sebelumnya, bahkan jabatan tangan pun mungkin tidak terlaksana oeh karena dampak Penyebaran Virus Covid-19.

Tetapi kondisi itu tidak akan menghalangi usaha dan perjuangan untuk tetap belajar walaupun hanya dari rumah.

Bagi kelas 9, selamat atas keberhasilan yang diraih, dan bagi yang belum agar tetap setia untuk mengikuti proses pembelajaran yang ada.

Selanjutnya untuk mengakses dan mengunduh (download) Pengumuman Kelulusan, Surat Keterangan Kelakuan Baik dan Keterangan Prestasi silahkan mengakses/mengklik gambar di bawah ini:





Friday, May 15, 2020

PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR , PENENTUAN KELULUSAN DAN KENAIKAN KELAS DI MASA PANDEMI COVID 19


Sejak diberlakukannyas social distancing memberi dampak bagi pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mendukung kebijakan pemerintah daerah untuk meliburkan sekolah karena penyebaran virus corona yang semakin mengkhawatirkan. Pilihan kebijakan untuk belajar di rumah sudah tepat dilakukan dalam kondisi seperti saat ini. Institusi pendidikan diwajibkan untuk mengalihkan pertemuan kelas menjadi pertemuan daring ataupun tugas rumah guna meminimalkan pertemuan satu sama lain disuatu ruangan yang sama dalam jarak yang dekat serta menghindari kerumunan menggunakan perantara teknologi.
Berkenaan dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat maka kesehatan lahir dan batin peserta didik. guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan. Kebijakan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan  kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Kebijakan tersebut terdiri atas Ujian Nasional, proses belajar mengajar di rumah, ujian sekolah untuk kelulusan, kenaikan kelas, penerimaan peserta didik baru (PPDB) dan Dana bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sejak terbitnya surat edaran ini masih banyak
pertanyaan-pertanyaan dari kepala sekolah dan guru terkait implementasi konkrit dari surat edaran tersebut terutama tentang kegiatan belajar dari rumah, penentuan kelulusan dan penentuan kenaikan kelas.
Untuk menjamin kegiatan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan baik, penentuan kelulusan  dan kenaikan kelas dapat dipahami dengan baik oleh semua pelaku pendidikan maka Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan(LPMP) sebagai unit pelaksana teknis kementerian di Daerah memandang perlu menyusun juknis contoh kegiatan belajar mengajar, kelulusan dan kenaikan kelas di masa pandemic Covid-19. Juknis contoh ini diharapkan dapat menjadi referensi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan se-Sulawesi Tengah untuk membuat juknis di daerah masing-masing.

UNTUK ETUNJUK SECARA LENGKAP DAPAT DIBACA PADA FILE BERIKUT INI: