Peserta dan Pendamping Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Propinsi di Luwuk
Pendamping : Aditya Ponsedo, S.Pd. Peserta : Nifauzan Sandewa, Arlifni Sialla, Amel Kaiya, Gava Kempa, Regina Dasina
Tim Voli Ball Putera dan Puteri
Foto Bersama Juara 1 Turnamen Voli Tingkat SMP di Tentena
Tim Voli Ball Putri
Foto Bersama Tim Voli Ball Putri Juara 1 Turnamen Bola Voli Tingkat SMP Tahun 2024 dan 2025
Tim Sepakbola Sprinsa
Foto Bersama Pemain dan Pelatih Aldevit Mena, S.Pd
Pemberian Bantuan Laptop Kepada Sekolah Penggerak
Foto Bersama Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Daerah Bpk. Moh. Ridwan DM., S.Ag
Info Tentang Libur Idul Fitri 1446 H
Revisi Edaran Libur Idul Fitri 1446 H
Ucapan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa
Selamat menjalankan ibadah puasa 1446H
Kegiatan Upacara Bendera
Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam Rangka Hari Sumpah Pemuda
Foto Lingkungan Sekolah
Foto Lingkungan Sekolah Depan Kelas 7A dan 7B
Foto Lingkungan Sekolah
Foto Halaman Lingkungan Sekolah
Foto Lingkungan Sekolah
Foto Halaman Lingkungan Sekolah
Foto Lingkungan Sekolah
Foto Halaman Lingkungan Sekolah
Peserta dan Pendamping Perkemahan Pramuka
Perkemahan Pramuka Tingkat Kabupaten Dalam Rangka Hari Baden Powell
Video Lingkungan Kelas Yang Nyaman
Lomba Kebersihan Kelas dan Pojok Baca
Selasa, 18 Februari 2025
Berikut Naskah Akademik PEMBELAJARAN MENDALAM Menuju Pendidikan Bermutu Untuk Semua
Senin, 10 Februari 2025
PERBAIKAN DATA PESERTA DIDIK UNTUK PENERBITAN E-IJAZAH UNTUK LULUSAN TAHUN AJARAN 2024/2025
Kementerian Pendidika Dasar dan Menengah (KEMENDIKDASMEN) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) kembali mengingatkan kepada seluruh satuan pendidikan untuk segera melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik tingkat akhir. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan penerbitan e-ijazah yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 58 Tahun 2024.
Dalam surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Pusdatin, disebutkan bahwa satuan pendidikan perlu memastikan beberapa hal, yaitu:
- Satuan pendidikan memastikan kesesuaian nama satuan pendidikan sebagaimana tercantum pada izin penyelenggaraan. Apabila nama satuan pendidikan belum sesuai dengan yang tercantum pada izin penyelenggaraan, lakukan pembaruan nama satuan pendidikan melalui VervalSP pada laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id oleh admin dinas sesuai dengan kewenangan;
- Satuan pendidikan memastikan kesesuaian jumlah peserta didik tingkat akhir pada laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pd_akhir/. Apabila jumlah peserta didik belum sesuai, lakukan pembaruan jumlah data peserta didik pada aplikasi Dapodik;
- Satuan pendidikan memastikan validitas data peserta didik tingkat akhir pada laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pd_akhir/. Apabila ditemukan data peserta didik belum sesuai (masuk kategori data residu), lakukan pembaruan data melalui aplikasi VervalPD pada laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id atau arsip NISN pada laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id; dan
- Satuan pendidikan memastikan kesesuaian penugasan kepala sekolah. Apabila penugasan kepala sekolah belum sesuai, lakukan pembaruan penugasan kepala sekolah pada aplikasi Dapodik oleh admin dinas sesuai dengan kewenangan.
Download Surat Pemberitahuan Verifikasi Data Awal E-Ijazah disini
Senin, 06 Januari 2025
Apel Perdana Hari Pertama Sekolah Di SMP Kristen Ensa
Dalam arahannya, Kepala Sekolah terus menghimbau di tahun 2025 agar kedisiplinan, semangat belajar dan tanggung jawab atas kebersihan sekolah agar terus ditingkatkan. Semangat baru tahun 2025 menjadi motivasi untuk terus memperbaiki diri sehingga peningkatan kinerja akan lebih baik lagi. Dalam apel pagi tersebut juga dihadiri oleh tenaga honorer Non ASN yang masih setia dan semangat diawal tahun baru.
Selain apel perdana di sekolah, Tenaga Non ASN yang mengikuti tahapan seleksi tahap 1 dan tahap 2 Calon ASN PPPK Tenaga Teknis juga mengikuti apel perdana di kantor Kecamatan Mori Atas.Setelah pelaksanaan apel pagi dilanjutkan dengan jabatan tangan dengan seluruh Dewan Guru dan Peserta Didik sebagai tanda ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru.
Selanjutnya dilaksanakan Senam Anak Indonesia Hebat (SAIH) dan gerakan kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.Sabtu, 04 Januari 2025
Apa itu Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)
Pembelajaran Mendalam merupakan pendekatan yang memuliakan dengan menekankan pada penciptaan suasana belajar dan proses pembelajaran berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful) melalui olah pikir (intelektual), olah hati (etika), olah rasa (estetika), dan olah raga (kinestetik) secara holistik dan terpadu
8 Dimensi Profil Lulusan
- Keimanan dan Ketakwaant erhadap Tuhan YME. Individu yang memiliki keyakinan teguh akan keberadaan Tuhan serta menghayati nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari.
- Kewargaan. Individu yang memiliki rasa cinta tanah air, mentaati aturan dan norma sosial dalam kehidupan bermasyarakat, memiliki kepedulian, tanggungjawab sosial, serta berkomitmen untuk menyelesaikan masalah nyata yang terkait keberlanjutan manusia dan lingkungan.
- Penalaran Kritis. Individu yang mampu berpikir secara logis, analitis, dan reflektif dalam memahami, mengevaluasi, serta memproses informasi untuk menyelesaikan masalah.
- Keativitas. Individu yang mampu berpikir secara inovatif, fleksibel, dan orisinal dalam mengolah ide atau jnformasi untuk menciptakan solusi yang unik da bermanfaat.
- Kolaborasi. Individu yang mampu bekerja sama secara efektif dengan orang lain secara gotong royong untuk mencapai tujuan bersama melalui pembagian peran dan tanggung jawab.
- Kemandirian. Individu yang mampu bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya sendiri dengan menunjukkan kemampuan untuk mengambil inisiatif, mengatasi hambatan, dan menyelesaikan tugas secara tepat tanpa bergantung pada orang lain.
- Kesehatan. Individu yang memiliki fisik yang prima, bugar, sehat, dan mampu menjaga keseimbangan kesehatan mental dan fisik untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin (well-being).
- Komunikasi. Individu yang memiliki kemampuan komunikasi intrapribadi untuk melakukan refleksi dan antarpribadi untuk menyampaikan ide, gagasan, dan informasi baik lisan maupun tulisan serta berinteraksi secara efektif dalam berbagai situasi.