Thursday, 15 June 2017

Media Sosial Facebook : Jembatan Menuju Kesuksesan


Hampir 70 persen penduduk di Indonesia menggunakan media sosial untuk mengenal dunia luar bahkan berkomunikasi dengan orang lain. Beberapa media sosial tersebut yaitu Facebook, Instagram, Path, Twitter, Blackberry Mesengger, dan Whats App.

Dari beberapa media sosial tersebut, facebooklah yang paling banyak digunakan tanpa mengenal usia, ruang dan waktu. Setiap apapun yang terjadi dan yang dipikirkan dapat dituangkan menjadi sebuah status di facebook.

Tetapi bagi saya, facebook bukanlah hanya sekedar tempat untuk menuliskan apa yang terjadi dan yang dipikirkan. Secara pribadi facebook telah menjadi simber informasi yang sangat berperan dalam perjalan karir saya.

Pertama kali saya mengenal facebook sejak tahun 2009, dan sampai sekarang sudah hampir 8 tahun lebih. Melalui facebook saya mulai menjalin pertemanan dengan orang-orang atau organisasi profesi guru yang menurut saya dapat memberikan informasi yang sangat berguna di seluruh Indonesia.

Harapan dan impian tersebut menjadi kenyataan setelah di tahun 2013 melalui facebook saya mendapat informasi seleksi beasiswa S2 dari Kementerian Pendidikan walaupun pada saat itu saya dinyatakan belum lolos seleksi administrasi. Tanpa putus asa, saya terus menjalin pertemanan dan rajin bertanya dengan orang-orang yang berpengalaman dalam mencari beasiswa. 

Di awal tahun 2014 seorang teman di facebook membagikan info yang sama tentang Seleksi beasiswa S2 dari P2TK Dikdas Kemendikbud. Dengan doa dan harapan dan tekad yang bulat saya mencoba mengikuti seleksi. Dan puji Tuhan beasiswa itu saya dapatkan pada Program Pascasarjana S2 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya. Impian saya untuk mengenyam pendidikan Magister menjadi kenyataan berawal dari informasi di Facebook.
Sungguh suatu hal di luar dugaan saya akan menerima beasiswa dimana biaya kuliah, biaya hidup, biaya penelitian, biaya study tour, biaya buku biaya transportasi di tanggung oleh Pemerintah. Dan karena beasiswa ini juga saya bisa menginjakkan kaki di Surabaya, Malang dan Bali. Dan Puji Tuhan di bulan Juni 2016 saya boleh menyelesaikan kuliah saya.
Di bulan Maret tahun 2017, melalui facebook saya mendapatkan info tentang Seleksi Peserta Pendidikan dan Latihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Two in One yang akan diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika Yogyakarta. Di bulan yang sama, kembali melalui facebook saya mendapat informasi tentang seleksi peserta Bimbingan Teknis Perlindungan Profesi Guru yang akan diselenggarakan oleh Dirjen GTK Kemendikbud.

Kedua kesempatan itu tidak saya sia-siakan. Dengan penuh antusias saya memenuhi semua persyaratan terutama dalam mengirimkan rancangan penelitian dan tulisan mengenai perlindungan profesi guru. Dan Puji Tuhan saya dinyatakan lolos seleksi untuk kedua kegiatan tersebut. Walaupun saya harus mengundurkan diri pada kegiatan Bimtek Perlindungan Profesi Guru oleh karena waktu pelaksanaan bersamaan dengan kegiatan di Yogyakarta.

Media sosial facebook telah banyak membantu saya dalam mendapatkan informasi dalam pengembangan karir. Beberapa tipa yang bisa saya bagikan adalah:
  1. Jalinlah pertemanan dengan orang-orang yang bisa membantu anda untuk mendapatkan informasi yang berguna untuk karir anda
  2. Secara kontinyu kunjungilah website-website terutama website milik pemerintah. Misalkan anda seorang guru, sering-seringlah mengunjungi laman kemendikbud.go.id atau http://p4tkmatematika.org
  3. Jika anda seorang pencari kerja seringlah berkunjung ke laman Badan Kepegawaian Negara atau KemenPAN RB
  4. Jika anda seorang guru saya sarankan untuk mendaftar Program Kesejahteraan Penghargaan dan Perlindungan Guru Dikdas Kemendikbud.
  5. Seringlah mengupgrade informasi agar anda tidak ketinggalan.
Demikian sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan bagaimana facebook berperan penting dalam pengembangan karir saya sehingga bjsa "Go Nasional" baik dalam Diklat maupun pendidikan.
Facebook bisa sangat bermanfaat tergantung pada pribadi masing-masing bagaimana memanfaatkan dan menggunakannya.
"Semua Berawal dari Facebook"


0 comments:

Post a Comment