Tuesday, 28 March 2017

Suka Mengkonsumsi Alkohol? Berikut Bahaya Mengkonsumsi Alkohol


Dampak alkohol sudah sejak lama dikenal dapat menyebabkan dampak negatif bagi tubuh. Walaupun memang alkohol juga memiliki dampak positif bagi tubuh. Tapi kadang kala hal inilah yang salah dipahami oleh sebagian banyak orang. Tak sedikit orang mengkonsumsi alkohol dengan dosis yang sangat banyak. Ketergantungan inilah yang tak disadari oleh orang yang suka mengkonsumsi alkohol.

Banyak yang tidak mengindahkan dampak negatif dari alkohol, karena beranggapan bahwa tubuhnya masih sehat dan kuat. Padahal sebenarnya bagaikan bom waktu yang bisa saja menyerang tubuh kita kapanpun. Memang sewaktu masih muda tubuh kita belum merasakan dampaknya. Tetapi seiring waktu, ketika tubuh kita semakin lemah dan usiapun semakin renta, maka disitulah kita akan mulai merasakan dampaknya.

Apa saja dampak negatif mengkonsumsi alkohol? Berikut saya paparkan 10 dampak negatif alkohol bagi kesehatan:

1. Menyebabkan kerusakan saraf
Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak selain memabukkan juga dapat mengganggu sistem saraf otak dan menyebabkan kerusakan secara perlahan. Bahkan jika diminum dengan jumlah yang sangat banyak dan melebihi kapasitas tubuh, dapat menyebabkan overdosis dan kematian.

2` Menyebabkan gangguan jantung
Berbagai kandungan zat berbahaya dalam alkohol dapat menyebabkan kerusakan semua fungsi organ tubuh termasuk jantung. Mengkonsumsi alkohol secara rutin dan berlebih dapat menyebabkan gangguan jantung seperti meningkatnya denyut jantung, sesak napas, dada terasa nyeri, napas tersumbat dan serangan jantung.

3. Mengganggu sistem metabolisme tubuh
Mengkonsumsi alkohol secara berlebih dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Dimana sistem metabolisme merupakan penghasil tenaga yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Itulah mengapa seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi alkohol selalu tidak bersemangat dan tidak berenergi saat beaktivitas, karena sistem metabolismenya telah terganggu.

4. Mengganggu sistem reproduksi
Alkohol juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan reproduksi, seperti menurunkan gairah seksual, menyebabkan infertilitas, disfungsi ereksi dan ejakulasi dini.

5. Menurunkan kecerdasan
Kandungan berbagai zat berbahaya dalam alkohol menyebabkan kerusakan fungsi otak secara perlahan, termasuk menurunkan kecerdasan, konsentrasi dan daya ingat seseorang.

6. Menyebabkan kenaikan berat badan
Mengkonsumsi alkohol secara berlebih dan rutin setiap hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kandungan kalori dan kadar gula yang tinggi dalam alkohol menjadi salah satu pemicu naiknya berat badan seseorang saat mengkonsumi alkohol.

7. Mengganggu fungsi hati
Alkohol juga menyebabkan kerusakan pada hati. Kerusakan yang terjadi pada hati menyebabkan terganggunya fungsi hati, yakni menetralisir dan membuang racun dalam tubuh.

8. Menyebabkan tekanan darah tinggi
Mengkonsumsi alkohol akan mengaktifkan hormon adrenalin dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Mengkonsumsi alkohol secara berlebih akan meningkatkan resiko terserang tekanan darah tinggi atau hipertensi.

9. Menyebabkan ketidaknyaman dalam tubuh
Seperti yang diketahui, alkohol memiliki efek memabukkan. Selain memabukkan, mengkonsumsi alkohol juga seringkali disertai dengan gejala fisik lain seperti sakit kepala, mual, muntah, nyeri, kecemasan dan lain sebagainya yang semuanya menyebabkan ketidaknyaman dalam tubuh.

10. Memperpendek usia seseorang
Berbagai kerusakan organ-organ tubuh yang terjadi akibat mengkonsumsi alkohol, memperbesar resiko kematian mendadak maupun mengurangi harapan hidup atau memperpendek usia seseorang.

Masih doyan mengkonsumsi alkohol?
Penyesalan kadang datang belakangan. Jadi sayangi tubuh anda.

0 comments:

Post a Comment