Senin, 09 Juni 2025
Rabu, 23 April 2025
Raih Kesempatan Mendapatkan Beasiswa Garuda
Sebagai bagian tak terpisahkan dari program ekosistem Sekolah Unggul Garuda, Beasiswa Garuda dirancang sebagai bagian vital dari rangkaian upaya pengembangan ekosistem sains dan teknologi Indonesia.
Yuk, disimak informasi berikut ini✨️
Kamis, 27 Maret 2025
𝐃𝐫. 𝐒. 𝐉. 𝐄𝐬𝐬𝐞𝐫 : 𝐓𝐨𝐤𝐨𝐡 𝐒𝐞𝐣𝐚𝐫𝐚𝐡 𝐝𝐚𝐧 𝐀𝐡𝐥𝐢 𝐁𝐚𝐡𝐚𝐬𝐚 𝐌𝐨𝐫𝐢 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐓𝐞𝐫𝐥𝐮𝐩𝐚𝐤𝐚𝐧
𝐃𝐫. 𝐒. 𝐉. 𝐄𝐬𝐬𝐞𝐫 : 𝐓𝐨𝐤𝐨𝐡 𝐒𝐞𝐣𝐚𝐫𝐚𝐡 𝐝𝐚𝐧 𝐀𝐡𝐥𝐢 𝐁𝐚𝐡𝐚𝐬𝐚 𝐌𝐨𝐫𝐢 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐓𝐞𝐫𝐥𝐮𝐩𝐚𝐤𝐚𝐧
Samuel Jonathan Esser, lebih dikenal dengan panggilan Tuan Esser, lahir di Kampen, Belanda, pada tanggal 26 April 1900. Ia adalah seorang peneliti dengan latar belakang ilmu sastra dan tata bahasa, yang kemudian ia lanjutkan melalui pendidikan doktoral pada tahun 1922.
Demi mendukung studinya, pada tahun 1923, Esser menulis surat kepada Dr. Adriani di Sulawesi untuk bergabung dengan NBG (Nederlands Bijbelgenootschap atau Lembaga Alkitab Belanda) dan mengerjakan studi bahasa di lapangan, khususnya di wilayah yang dikembangkan oleh Adriani, yakni Midden-Celebes (Sulawesi Tengah).
Setelah Dr. Adriani menyetujui permintaannya, Esser memulai perjalanannya ke Sulawesi Tengah, bekerja bersama Adriani dalam studi bahasa, khususnya bahasa Mori. Di sana, ia akhirnya menikah dengan Anganietje Tawalujan, seorang pemudi Minahasa yang menguasai bahasa Pamona.
Pada tahun 1927, Esser berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang bahasa dengan predikat Cum Laude melalui karyanya “Klank- En Vormleer Van Het Morisch” (Teori Bentuk dan Bunyi Bahasa Mori). Kemudian, pada tahun 1933, bersama asistennya Betahia Herman Tumakaka, seorang bangsawan Mori dari strata Bonto, Esser menyelesaikan Jilid II dari bukunya Klank- En Vormleer Van Het Morisch.
Buku Esser “Klank- En Vormleer Van Het Morisch” kemudian menjadi pustaka utama yang digunakan oleh para peneliti bahasa Mori modern dalam menyusun berbagai karya ilmiah. Salah satunya adalah Alm. Bapak Laurentius Lingkua, BA, yang menjadikan tulisan Esser sebagai rujukan dalam buku-bukunya, antara lain:
- Wunta Penanido To Kerisituu I Wita Mori (WPM) – Tahun 2008
- Elu-Elu Gagi Dotoro – Tahun 2009
- Kamus Mori-Indonesia – Tahun 2012
- Kata Ganti Bahasa Mori (Pronoun) – Tahun 1969 (diolah kembali tahun 2010)
Selain memberikan kontribusi mendalam bagi tata bahasa Mori, Esser juga menulis beberapa karya lainnya, antara lain:
- Kamus Bahasa Bare’e (1928)
- Peta Bahasa-Bahasa Nusantara (1931)
- Tata Bahasa Ledo (1934)
- Kamus Ledo-Belanda (1938)
Esser kemudian mendirikan Yayasan Adriani-Kruyt di Manado sebagai wadah untuk mendukung penelitian bahasa dan kebudayaan.
Namun, pandangan politiknya yang konservatif, termasuk penolakannya terhadap pergantian pemerintahan, membuatnya menghadapi kesulitan selama pendudukan Jepang. Esser bersama asistennya, B.H. Tumakaka, akhirnya ditangkap oleh Jepang. Tumakaka dieksekusi mati pada 26 Desember 1942 di Kendari, sementara Esser sendiri mendekam di kamp penjara Jepang hingga akhir hayatnya pada 14 April 1944.
Hingga kini, Esser dikenang sebagai sosok penting dalam bidang bahasa dan penerjemahan Alkitab di Indonesia. Dedikasinya terhadap studi bahasa dan budaya terus memberikan pengaruh bagi generasi selanjutnya.l
Oeh karena itu, bagi saya dan kita semua, penting untuk mengenang dan menghormati Dr. Esser sebagai tokoh berpengaruh dalam kebudayaan, khususnya dalam studi bahasa Mori.
𝐎𝐥𝐞𝐡:
𝐂𝐚𝐭𝐫𝐚 𝐋𝐢𝐭𝐫𝐢𝐚 𝐋𝐢𝐧𝐠𝐤𝐮𝐚
(Dirangkum dari berbagai sumber).
Ket Foto :
- Dr. Esser bersama isterinya
- Sampul dalam buku "Klank- En Vormleer Van Het Morisch"
- Alm. Bapak Laurentius Lingkua, BA
Minggu, 16 Maret 2025
Berikut Jenis Kegiatan Ajang Talenta Tahun 2025. Silahkan Disimak..!!
Penyelenggaraan ajang talenta nasional Peserta Didik bertujuan untuk memberikan wadah bagi Peserta Didik dan menghasilkan talenta yang berprestasi, berkarakter, dan berdaya saing global. Talenta adalah individu yang memiliki kemampuan terbaik di bidangnya untuk berkiprah di dalam negeri dan kancah internasional.
Ajang talenta merupakan wadah aktualisasi prestasi talenta bagi peserta didik dalam bentuk kompetisi. Cabang ajang talenta adalah bagian dari ajang talenta yang menghasilkan talenta peserta didik.
Berikut jenis kegiatan untuk Ajang Talenta tahun 2025 yang telah dirilis oleh Puspresnas BPTI yaitu:
1. Bidang Riset dan Inovasi
Jumat, 14 Maret 2025
Indikator Nilai Rapor Pendidikan SMP Kristen GKST Ensa Hasil Asesmen Nasional Terus Naik Sejak Tahun 2023.
Seperti murid yang memiliki rapor evaluasi hasil belajar, kini sekolah juga mempunyai hasil evaluasi kualitas secara menyeluruh yang dinamakan Rapor pendidikan. Rapor Pendidikan dinilai berdasarkan 6 pilar utama yang mencakup hasil belajar murid, proses belajar-mengajar, dan cara pengelolaan sekolah.
Raport Pendidikan Tahun 2025 telah dirilis oleh Kemdikdasmen pada laman https://raporpendidikan.dikdasmen.go.id/. Hasil raport ini merupakan hasil penilaian Guru dan Peserta Didik melalui Asesmen nasional yang diikuti oleh semua guru dan peserta didik Kelas 8. Rapor Pendidikan adalah Indikator terpilih dari Profil Pendidikan yang merefleksikan prioritas Kemendikbudristek dan digunakan untuk menilai kinerja daerah dan satuan pendidikan. Rapor Pendidikan diperoleh dari perbandingan nilai indikator antar tahun. Sejak tahun 2022, Raport Pendidikan SMP Kristen GKST Ensa terus mengalami peningkatan.
Pada tahun 2022, Raport Pendidikan SMP Kristen Ensa dapat dilihat pada gambar berikut:
Himbauan DISDIKBUD Morowali Utara Tentang Larangan Membawa Kendaraan R2 atau R4 Bagi Siswa
Surat Edaran Larangan Membawa kendaraan Roda 2 dan Roda 4 Bagi Peserta Didik SD dan SMP tertanggal 11 Maret 2025.
Rabu, 12 Maret 2025
Revisi Edaran Libur Idul Fitri 1446 H
Selasa, 18 Februari 2025
Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Guru, Tenaga Kependidikan dan Pendidikan Guru (Ditjen GTKPG) Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah dengan Asia Pacific Centre of Education for International Understanding (APCEIU) UNESCO dibawah naungan Kementerian Pendidikan Korea Selatan bekerja sama dalam bidang pendidikan. Salah satu program kerja sama dimaksud adalah penyelenggaraan Program Pertukaran Guru Indonesia-Korea (Indonesian-Korean Teacher Exchange/IKTE) yang telah berlangsung sejak tahun 2013. Program pertukaran bilateral ini memberikan kesempatan bagi guru Indonesia yang berpartisipasi untuk mengajar dan mengikuti kegiatan pendidikan di sekolah-sekolah di Korea selama tiga bulan yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan November 2025.
Program pertukaran ini tidak hanya meningkatkan kompetensi global bagi para guru namun juga memperkuat kesadaran budaya dengan berbagi metode pengajaran yang berfokus pada Pendidikan Kewarganegaraan Global/Global Citizenship Education (GCED) dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs).
Pendaftaran program IKTE tahun ini dibuka pada tanggal 17 Februari sampai dengan 18 Maret 2025. Calon peserta yang dapat mengikuti program tahun ini adalah guru-guru dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK non-kejuruan yang berada di 15 (lima belas) provinsi/kab/kota sasaran yakni
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Bengkulu
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Riau
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Kepulauan Riau
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Jambi
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Lampung
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Aceh
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Kalimantan Utara
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Kalimantan Barat
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah;
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Sulawesi Barat
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Maluku;
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Papua
- Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Papua Barat
Berikut Naskah Akademik PEMBELAJARAN MENDALAM Menuju Pendidikan Bermutu Untuk Semua
Senin, 10 Februari 2025
PERBAIKAN DATA PESERTA DIDIK UNTUK PENERBITAN E-IJAZAH UNTUK LULUSAN TAHUN AJARAN 2024/2025
Kementerian Pendidika Dasar dan Menengah (KEMENDIKDASMEN) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) kembali mengingatkan kepada seluruh satuan pendidikan untuk segera melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik tingkat akhir. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan penerbitan e-ijazah yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 58 Tahun 2024.
Dalam surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Pusdatin, disebutkan bahwa satuan pendidikan perlu memastikan beberapa hal, yaitu:
- Satuan pendidikan memastikan kesesuaian nama satuan pendidikan sebagaimana tercantum pada izin penyelenggaraan. Apabila nama satuan pendidikan belum sesuai dengan yang tercantum pada izin penyelenggaraan, lakukan pembaruan nama satuan pendidikan melalui VervalSP pada laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id oleh admin dinas sesuai dengan kewenangan;
- Satuan pendidikan memastikan kesesuaian jumlah peserta didik tingkat akhir pada laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pd_akhir/. Apabila jumlah peserta didik belum sesuai, lakukan pembaruan jumlah data peserta didik pada aplikasi Dapodik;
- Satuan pendidikan memastikan validitas data peserta didik tingkat akhir pada laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pd_akhir/. Apabila ditemukan data peserta didik belum sesuai (masuk kategori data residu), lakukan pembaruan data melalui aplikasi VervalPD pada laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id atau arsip NISN pada laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id; dan
- Satuan pendidikan memastikan kesesuaian penugasan kepala sekolah. Apabila penugasan kepala sekolah belum sesuai, lakukan pembaruan penugasan kepala sekolah pada aplikasi Dapodik oleh admin dinas sesuai dengan kewenangan.
Download Surat Pemberitahuan Verifikasi Data Awal E-Ijazah disini