Thursday, 9 February 2017

Benarkah Air Kelapa Bermanfaat Untuk Kesehatan?


Hampir semua daerah di indonesia dapat di tanami dengan tanaman kelapa. Karena kelapa juga sehingga Indonesia dikenal dengan sebutan Pulau Rayuan Kelapa. Bahkan hal tersebut diciptakan menjadi sebuah lagu yang sangat merdu untuk didengarkan.

Ketapi tahukah anda apa manfaat dari air Kelapa? Seperti dilansir dari metrotvnews.com bahwa minuman air kelapa tak cuma enak dan segar saat dikonsumsi. Lebih dari itu, air kelapa mengandung banyak manfaat kesehatan. Bahkan, air kelapa di Amerika dijadikan minuman kesehatan dan dijuluki sebagai "ibu dari minuman olahraga."

Berbeda dengan santan, air kelapa adalah cairan bening di tengah buah yang disadap dari kelapa hijau muda. Air kelapa terasa menyegarkan dengan sedikit rasa manis. Minuman yang mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dan elektrolit itu mudah dicerna.

Berikut ini, lima manfaat utama air kelapa bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi
Medicine and Science in Sport and Exercise menyebutkan, air kelapa baik dikonsumsi oleh atlet dan mereka yang gemar berolahraga. Alasannya, air kelapa membantu mengisi ulang cairan tubuh dibandingkan minuman olahraga dan air putih biasa.

"Apakah Anda memilih minuman olahraga, air kelapa, atau air biasa, pada dasarnya itu semua berguna untuk menjaga tubuh Anda dari dehidrasi. Tapi, tantangannya adalah ketika Anda berolahraga keras selama lebih dari tiga jam dan kehilangan banyak cairan tubuh, maka Anda perlu minuman yang mengandung karbohidrat untuk memulihkan energi dengan cepat dan mengganti elektrolit yang hilang seperti natrium dan kalium," kata Nancy Clark, MS, RD, ahli gizi olahraga dan penulis buku Nancy Clarks Sports Nutrition Guidebook.  

Minuman yang tepat untuk menjawab tantangan tersebut adalah air kelapa karena sifatnya mirip cairan tubuh dan kaya akan elektrolit sehingga dapat mengganti cairan tubuh saat beraktivitas, saat udara panas, tubuh demam, bahkan diare.

2. Lebih baik dibandingkan minuman manis
Air kelapa mengandung sedikit gula dibandingkan minuman olahraga, soda, dan beberapa jus buah. Lillian Cheung, DSC, RD, dari Harvard School of Public Health mengatakan, "Sebaiknya minum air kelapa tanpa menambahkan apapun." Sebab, jika diberi gula atau susu, itu sama saja dengan minuman manis lainnya.

3. Tinggi kalium
Air kelapa mengandung sedikit kalori dan natrium, lebih banyak kalium dibandingkan minuman olahraga (sport drinks). Dikutip Webmd, air kelapa murni mengandung 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 miligram (mg) potasium, dan 5,45 mg sodium dibandingkan dengan Gatorade, yang memiliki 6,25 kalori, 1,75 gram gula, 3,75 mg kalium, dan 13,75 mg natrium.

4. Bebas lemak
Air kelapa aman dikonsumsi setiap hari, terutama mereka yang sedang berdiet karena bebas lemak.

5. Bernutrisi
Kadar asam amino dalam air kelapa sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada susu sapi. Air kelapa pun kaya vitamin C, vitamin E, vitamin A, B3, B5, dan B6. Kandungan vitamin B3 pada air kelapa efektif membersihkan usus dan saluran pencernaan dari zat-zat berbahaya yang masuk bersama makanan yang dikonsumsi.

0 comments:

Post a Comment