Monday, 20 February 2017

Menjadi Ibu Bahagia Sambil Mendidik Anak! Inilah Tipsnya



Anak adalah pelengkap kesempurnaan cinta dan kebahagiaan dalam suatu keluarga. Setiap pasangan suami istri sangat mendambakan kehadiran seorang anak. Namun seringkali juga dengan kehadiran seorang anak dijadikan sebagai beban dalam tanggungjawab mendidik dan mengasuh anak. Karena beban tersebut menyebabkan banyak orang tua terlebih khusus seorang ibu mengeluh akan kondisi yang dihadapi. Bagaimana bisa menjadi seorang ibu yang bahagia dalam mendidik anak?

Banyak cara yang bisa dilakukan di rumah untuk menjadi seorang ibu yang bahagia sambil mendidik anak. Dengan menumpuknya pekerjaan rumah ditambah lagi dengan tuntutan kerja di kantor, hal ini bisa menambah tingkat kejenuhan bahkan tingkat stres seorang ibu. Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan kepada Ayah, orang tua, saudara, atau tetangga untuk membantu Ibu mengurus si kecil. Namun bukan berarti secara langsung menggantikan posisi dan peran seorang Ibu. Kedekatan Ibu dengan seorang anak perlu dijaga sehingga anak tidak sepenuhnya tergantung pada orang yang mengasuh.

Pada umumnya memang anak lebih dekat dengan seorang Ibu. Bukan berarti bahwa Ibu bisa tahu semuanya tentang anak. Berikan kesempatan kepada orang tua, saudara kita untuk membantu mengasuh dan mendidik anak. Tetapi hal ini pula harus tetap berada dalam pengawasan Ibu.

Selain itu cara menjadi ibu bahagia sambil mendidik anak yaitu dengan meluangkan waktu untuk liburan bersama keluarga tercinta. Selain dapat menghilangkan stres, liburan bersama juga dapat membuat kedekatan antara anak dengan orang tua semakin erat. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat liburan adalah pilihlah tempat yang dapat menstimulasi tumbuh kembang anak. Selain itu pilihan tempat juga harus benar-benar memberikan edukasi yang positif bagi anak. Hal ini bermanfaat bagi perkembangan kognitif, dan skill anak.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar menjadi ibu bahagia sambil mendidik anak. Menyenangkan bukan?

Jika demikian, masih adakah alasan untuk kita mengeluh dalam mendidik anak? Jangan mengeluh, karena mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah.


0 comments:

Post a Comment