Berikut Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
( RPP )
Nama
Sekolah             : SMP GKSST ENSA
Mata
Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester         : IX/1
Standar Kompetensi   : 1.   
Memahami dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Kompetensi Dasar      : 1.1.Menyimpulkan isi dialog interaktif
beberapa narasumber pada 
tayangan televis / siaran radio.
tayangan televis / siaran radio.
Alokasi
waktu             : 2 / 40 menit
1.   Tujuan
Pembelajaran
      Peserta
didik dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber
v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence ) 
2.   Materi
Pembelajaran
      a.
Mendengarkan dialog interaktif
      b.
Membuat kesimpulan isi dialog interaktif
3.   Metode
Pembelajaran
      a.
Tanya jawab
      b.
Diskusi
4.   Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
      a. Kegiatan
Awal
Apersepsi :
    1. Peserta
didik mencermati tampilan gambar yang sudah disediakan guru
          2. Peserta didik dan guru bertanya jawab
tentang gambar yang ditampilkan
Memotivasi :
       Menyimpulkan
isi dialog interaktif
b. Kegiatan Inti.   
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat membuat kesimpulan
isi dialog interaktif beberapa narasumber.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik. 
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif. 
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa 
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan 
pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik.
F  Peserta didik dan guru menyimpulkan cara memberikan
komentar yang baik
5.   Sumber Belajar
      a,.
Gambar
      b.
Rekaman dialog interaktif
6.   Penilaian
·    
  Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung 
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
Penilaian 
 | 
 ||
Teknik
  Penilaian 
 | 
  
Bentuk
  Penilaian 
 | 
  
Instrumen 
 | 
 |
·    Menentukan tema dialog interaktif 
·    Menyimpulkan isi dialog
  interaktif
  dengan
  alasan yang logis 
 | 
  
Tes tulis 
 | 
  
Uraian 
 | 
  
§ Tulislah tema dialog interaktif
  yang  diperdengarkan ini! 
§ Simpulkan isi dialog
  yang kamu dengar! 
 | 
 
      Pedoman
Penilaian
      1. Tuliskan hal-hal penting yang ada dalam
dialog interaktif tersebut !
Kegiatan 
 | 
  
Skor 
 | 
 
Peserta didik menulis hal-hal penting dengan lengkap 
 | 
  
2 
 | 
 
Peserta didik menulis sebagian saja bagian
  penting dalam dialog 
 | 
  
1 
 | 
 
Peserta didik tidak dapat menuliskan sama sekali 
 | 
  
      2.   Tuliskan informasi yang terdapat dalam dialog interaktif !
Deskriptor 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
 
Penyusunan struktur kalimat 
 | 
  ||||
Ketepatan penggunaan bahasa 
 | 
  
      3. Tuliskan
kesimpulan setelahh mendengrkan dialog interaktif tersebut !
Deskriptor 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
 
Ketepatan merumuskan kesimpulan 
 | 
  ||||
Kelogisan penulisan kesimpulan 
 | 
  ||||
Ketepatan penggunaan bahasa 
 | 
  
      4.
Tuliskan komentarmu terhadap pendapat para narasumber dalam dialog
Deskriptor 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
 
Ketepatan merumuskan komentar 
 | 
  ||||
Kelogisan penulisan komentar 
 | 
  ||||
Ketepatan penggunaan bahasa 
 | 
  
      Skor
maksimal       :
      No. 1         : 2
      No. 2         : 8
      No. 3         : 12
      No. 4         : 12
                          34
      Perhitungan
nilai akhir
Nilai
akhir :     Skor yang diperoleh       
                                    Skor
maksimak
Mengetahui, 
Kepala Sekolah, 
( Vonny Andretha Wonte, S. Pd
  ) 
NIP. 19610310 198111 2 003 
 | 
  
Ensa,      Januari 2016 
Guru Mapel Bahasa Indonesia 
(Dra. Suyatni. Ponsedo) 
NIP. 196509152005022001 
 | 
 
0 komentar:
Posting Komentar